A. Tata Nilai, Motto dan Kebijakan Mutu
1. Tata Nilai
Puskesmas Cempaka berkomitmen untuk mengedepankan tata nilai yang menjadi kesepakatan bersama yaitu menerapkan istilah “ THE WINNER “ sebagai berikut :
a. Togetherness ( Kebersamaan )
Penerapan dalam melaksanakan pekerjaan semua pegawai wajib bekerjasama, begotong royong dan kayuh baimbai dalam setiap kegiatan.b.
Wise ( W ) bijaksana
Semua Pegawai wajib bekerja dengan bijaksana
dalam menyikapi permasalahan dalam setiap memberikan pelayanan kepada
masyarakat, dengan cara :
-
Beroreintasi pada
kepentingan pelanggan
-
Berkomitmen untuk
memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan
c.
Integrity ( I )
berprilaku
Semua
Pegawai wajib berprilaku dalam melakukan pekerjaan teguh memegang prinsip
kejujuran dalam bekerja sebagai bentuk nilai moral pribadi, dengan cara :
-
Mampu
memahami kebutuhan dan harapan pelanggan
-
Mampu
berkominikasi dengan percaya diri, kejujuran dalam menghadapi pelanggan
-
Berkomitmen
untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan
d. Norma ( N ) aturan aturan
dan peraturan
Semua Pegawai
menjalankan berdasarkan aturan aturan dan perundangan undangan yang di
tetapkan, dengan cara :
-
Memberikan
pelayanan kesehatan berdasarkan kejujuran dalam menghadapi pelanggang
berdasarkan peraturan dan perundangan yang berlaku serta standar profesi.
-
Senantiasa
berupaya meningkatkan kemampuan diri.
e. Non Diskrimination ( N )
Adil
Semua Pegawai bekarja adil dan
tidak membedakan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan cara :
-
Memberikan
pelayanan kepada masyarakat adil tidak membeda-membedakan statusnya.
f. Energic ( E ) bersemangat
Diharapkan semua pegawai selalu
bersemangat dalam bekerja.
-
Melaksanakan
pekerjaan selalu energic dalam setiap melayani pelanggan
g. Responsive ( R ) Cepat dan Tanggap
Diharapkan
kepada pegawai selalu cepat dan tanggap dalam menyelesaikan hambatan dalam
bekerja,
h. Safety ( S ) Keselamatan
Diharapkan
dalam melaksanakan pekerjaan selalu mengutamakan keselamatan diri dan pasien.
2. Motto
Motto
Puskesmas adalah “ Kepuasan anda
Kebahagiaan Kami ”
3. Kebijakan Mutu
Kebijakan Mutu
Puskesmas Cempaka ditujukan untuk menetapkan arah bagi pencapaian Visi. Di
dalamnya terkandung pernyataan komitmen untuk memenuhi peraturan, melakukan
perbaikan berkelanjutan, dan memuat kerangka kerja untuk menetapkan Sasaran
Mutu. Puskesmas Cempaka menyatakan Kebijakan Mutunya sebagai berikut: “
Puskesmas Cempaka bertekad memberikan pelayanan optimal dan profesional yang
mengedepankan kepuasan pelanggan sesuai dengan peraturan dan perundangan yang
berlaku, serta senantiasa melakukan perbaikan yang berkesinambungan melalui
implementasi Standar Mutu yang telah
ditetapkan.
Untuk mendukung komitmen
tersebut, Pimpinan dan segenap pegawai di Puskesmas Cempaka berupaya dengan
bersungguh-sungguh :
a. Memberikan pelayanan kesehatan
sesuai standar mutu yang telah ditetapkan untuk mencapai kepuasan pelanggan.
b. Meningkatkan mutu pelayanan
kesehatan, melalui standar mutu layanan, kelengkapan sarana, dan
profesionalisme sumber daya manusia.
c. Membangun citra Puskesmas
dengan pelayanan yang cepat, Profesional dan Komunikatif.
d. Menjadi Model pelayanan
kesehatan yang berkualitas di Kota banjarmasin.