TATA NILAI, MOTTO DAN KEBIJAKAN MUTU PUSKESMAS CEMPAKA BANJARMASIN


A.   Tata Nilai, Motto dan Kebijakan Mutu

1.    Tata Nilai

Puskesmas Cempaka berkomitmen untuk mengedepankan tata nilai yang menjadi kesepakatan bersama yaitu menerapkan istilah “ THE WINNER “ sebagai berikut :

a.    Togetherness  ( Kebersamaan )

Penerapan dalam melaksanakan pekerjaan semua pegawai  wajib bekerjasama, begotong royong dan kayuh baimbai dalam setiap kegiatan.

b.    Wise ( W ) bijaksana

Semua Pegawai wajib bekerja dengan bijaksana dalam menyikapi permasalahan dalam setiap memberikan pelayanan kepada masyarakat, dengan cara :

-      Beroreintasi pada kepentingan pelanggan

-      Berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan

c.    Integrity ( I ) berprilaku

Semua Pegawai wajib berprilaku dalam melakukan pekerjaan teguh memegang prinsip kejujuran dalam bekerja sebagai bentuk nilai moral pribadi, dengan cara :

-      Mampu memahami kebutuhan dan harapan pelanggan

-      Mampu berkominikasi dengan percaya diri, kejujuran dalam menghadapi pelanggan

-      Berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan

d.    Norma ( N ) aturan aturan dan peraturan

Semua Pegawai menjalankan berdasarkan aturan aturan dan perundangan undangan yang di tetapkan, dengan cara  :

-      Memberikan pelayanan kesehatan berdasarkan kejujuran dalam menghadapi pelanggang berdasarkan peraturan dan perundangan yang berlaku serta standar profesi.

-      Senantiasa berupaya meningkatkan kemampuan diri.

e.    Non Diskrimination ( N ) Adil

Semua Pegawai bekarja adil dan tidak membedakan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan cara :

-      Memberikan pelayanan kepada masyarakat adil tidak membeda-membedakan statusnya.

f.     Energic ( E ) bersemangat

Diharapkan semua pegawai selalu bersemangat dalam bekerja.

-      Melaksanakan pekerjaan selalu energic dalam setiap melayani pelanggan

g.    Responsive ( R )  Cepat dan Tanggap

Diharapkan kepada pegawai selalu cepat dan tanggap dalam menyelesaikan hambatan dalam bekerja,

h.    Safety ( S ) Keselamatan

Diharapkan dalam melaksanakan pekerjaan selalu mengutamakan keselamatan diri dan pasien.

 

2.   Motto

Motto Puskesmas adalah “ Kepuasan anda Kebahagiaan Kami ”

 

3.  Kebijakan Mutu

Kebijakan Mutu Puskesmas Cempaka ditujukan untuk menetapkan arah bagi pencapaian Visi. Di dalamnya terkandung pernyataan komitmen untuk memenuhi peraturan, melakukan perbaikan berkelanjutan, dan memuat kerangka kerja untuk menetapkan Sasaran Mutu. Puskesmas Cempaka menyatakan Kebijakan Mutunya sebagai berikut: “ Puskesmas Cempaka bertekad memberikan pelayanan optimal dan profesional yang mengedepankan kepuasan pelanggan sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku, serta senantiasa melakukan perbaikan yang berkesinambungan melalui implementasi  Standar Mutu yang telah ditetapkan.

Untuk mendukung komitmen tersebut, Pimpinan dan segenap pegawai di Puskesmas Cempaka berupaya dengan bersungguh-sungguh :

a.       Memberikan pelayanan kesehatan sesuai standar mutu yang telah ditetapkan untuk mencapai kepuasan pelanggan.

b.       Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, melalui standar mutu layanan, kelengkapan sarana, dan profesionalisme sumber daya manusia.

c.       Membangun citra Puskesmas dengan pelayanan yang cepat, Profesional dan Komunikatif.

d.       Menjadi Model pelayanan kesehatan yang berkualitas di Kota banjarmasin.


Posting Komentar