(SIPUT PERAK) Sarana Informasi Pemantauan dan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

 












Mari Mengenal Apa Itu BMI

Body Mass Index atau Index Massa Tubuh adalah ukuran tubuh seseorang apakah kurus atau gemuk berdasarkan tinggi dan berat badannya.

BMI banyak digunakan sebagai indikator apakah seseorang memiliki berat badan yang sehat untuk tinggi badannya. Nilai hasil perhitungan BMI akan digunakan untuk mengkategorikan apakah seseorang kurus, berat badan normal, berat badan berlebih, atau obesitas tergantung dari kisaran tertentu.

Perlu diketahui bahwa BMI tidak sepenuhnya mewakili diagnosis menyeluruh dari kesehatan tubuh dan resiko penyakit seseorang. BMI dapat digunakan untuk menjadi indikator untuk mengetahui apakah diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Rumus BMI

Untuk menghitung BMI, pertama ubah tinggi badan menjadi dalam satuan meter lalu kalikan dalam kuadrat. Lalu bagi berat badan dengan hasil kuadrat tinggi badan. Berikut adalah rumus untuk BMI :

BMI = Berat Badan (kg) / Tinggi Badan^2 (m)

Selanjutnya untuk mengetahui kategori berat badan untuk umur 19 keatas, dapat dilihat dari tabel kisaran BMI sebagai berikut:

Tabel BMI

Kisaran BMIKategori
< 16Terlalu Kurus
16 – 17Cukup Kurus
17 – 18.5Sedikit Kurus
18.5 – 25Normal
25 – 30Gemuk
30 – 35Obesitas Kelas I
35 – 40Obesitas Kelas II
>40Obesitas Kelas III

Khusus untuk anak umur dibawah 19, kisaran BMI berbeda-beda sesuai dengan umur anak karena anak masih dalam masa pertumbuhan. Untuk mengetahui kisaran kategori BMI umur dibawah 19 tahun dapat dilihat dari Permenkes Nomor 2 Tahun 2020 halaman 14.



KALKULATOR BMI










  tahun






  cm






  kg





















Hasil Perhitungan









Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama